top of page
Search
  • Writer's picturefebrianti 90

Strategi Pemasaran Melalui Media Online



Dalam transaksi online, seseorang sepenuhnya bergantung pada kepercayaan atas informasi yang disampaikan pemilik medium penghubung. Medium penghubung ini terbentuk dalam website yang menyebabkan pengunjung tidak bisa melihat secara utuh menyeluruh produk yang ditawarkan. Namun pada kenyataannya, di Indonesia transaksi online terus meningkat. Ini dapat dilihat dari jumlah pembeli online dari tahun ke tahun yang juga terus meningkat. Demikian juga jumlah toko online (online shop) di berbagai media online meningkat tajam (Siagian & Cahyono 2014). Data serupa yang disajikan oleh Portal Statistik Statista, menguraikan mengenai perkiraan jumlah pembeli barang dan jasa secara online di Indonesia hingga tahun 2019, yakni sekitar 61.700.000. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa social media marketing yang membantu mengelola dan mengoptimalkan pemasaran di media sosial.


Jusoh & Ling (2012:223) mendefinisikan online shopping sebagai suatu proses dimana seorang pelanggan melakukan pembayaran melalui internet atas barang dan jasa yang dibelinya. Di Indonesia, belanja online dapat dilakukan melalui e-commerce, marketplace dan toko online. Contoh e-commerce adalah Zalora dan Blibi.com; marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Elevenia, Bukalapak; dan juga ada yang menawarkan toko online melalui blog, forum jual beli seperti Kaskus, media sosial seperti Facebook, Twitter, dan juga Instagram. Banyak juga toko online yang menjadi reseller dari sebuah brand tertentu yang pada akhirnya tertarik untuk melakukan penjualan online pada website-nya sendiri. Sistem belanja online ini menawarkan sejumlah keuntungan, misalnya konsumen dapat menikmati belanja online selama 365 hari, 7 hari dalam seminggu, 24 jam sehari dan tidak pernah tutup walau hanya satu menit. Belanja online juga memiliki jangkauan yang tak terbatas karena konsumen dapat membeli barang dan jasa kapan saja di mana saja. Jenis barang yang ditawarkan juga beraneka ragam.


Perkembangan teknologi informasi saat ini senantiasa menggeser budaya komunikasi sehari-hari. Kehadiran internet memungkinkan masyarakat dapat terhubung tanpa ada batas ruang dan waktu. Hal ini dimanfaatkan oleh banyak pebisnis yang mulai merambah strategi pemasaran melalui media online. Dengan adanya internet, aktivitas belanja online kini sudah menjadi alternatif berbelanja yang lazim di kalangan masyarakat kontemporer. Berdasarkan situs startupbisnis.com, potensi pertumbuhan bisnis e-commerce di Indonesia diperkirakan cukup besar seiring dengan lonjakan pengguna internet yang semakin meningkat. Dengan hadirnya perkembangan teknologi ini, penerapan strategi bisnis sudah berorientasi pada pemanfaatan aplikasi, dengan tujuan untuk menarik perhatian para sasaran/target pemasaran, pemeliharaan retensi konsumen dan juga meningkatkan serta mengelola hubungan yang berkelanjutan dengan konsumen, sehingga mampu menciptakan konsumen yang loyal. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa social media marketing untuk membantu mengelola pemasaran di media sosial.

7 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page